Manfaat Daun Jambu Biji (Psidium guajava Linn.) Bagi Kesehatan

(Ditulis oleh RAYESA WULANDARI, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Tanaman perdu atau pohon kecil dengan tinggi sekitar 4-10 meter. Batang berkayu, bulat, kulit terkelupas dalam potongan, licin, bercabang, berwarna coklat kehijauan. Ruas tangkai teratas segi empat tajam. Percabangan batang termasuk percabangan simpodial, yaitu batang pokok sukar ditentukan karena dalam perkembangan selanjutnya mungkin lalu menghentikan pertumbuhannya atau kalah besar dan kalah cepat pertumbuhannya dibanding dengan cabangnya. Arah tumbuh cabang tegak (fastigiatus). Termasuk tumbuhan biennial, yaitu tumbuhan yang untuk hidupnya, dari tumbuh sampai berbuah memerlukan waktu kurang lebih 2 tahun. Daun tunggal, bersilang berhadapan, pada cabang-cabang mendatar seolah-olah tersusun dalam dua baris pada satu bidang. Bertangkai pendek 3 mm sampai 7 mm. Bangun daun bulat telur agak menjorong, pangkal membulat, tepi daun rata (integer), ujung daun runcing (acutus), panjang 6-14 cm dengan lebar 3-6 cm. Permukaan daun berkerut (rugosus). Warna daun muda berbulu abu-abu setelah tua berwarna hijau tua. Pertulangan daun menyirip (penninervis) dan berwarna hijau kekuningan.

Kandungan di dalam sebuah jambu biji, diantaranya: vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit; dan folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf. Selain kandungan di atas, jambu biji juga mengandung herbal medicine, yaitu zat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit yang merugikan bagi tubuh, yaitu:

  • Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker)
  • Lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat.
  • Lutein dan cryptoxanthin, kedua antioksidan.
  • Kalium – Kandungan kalium ini sama seperti yang ada pada pisang, fungsinya penting terhadap denyut jantung serta regulator tekanan darah.
  • Asam pantotenat, niasin.
  • Vitamin B6 (pyridoxine).
  • Vitamin E dan K.
  • Mineral magnesium.
  • dan lain-lain.

Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Khasiat ini dapat membantu mencegah diabetes. Dilansir dari laman Healthline, studi pada 19 orang mencatat bahwa mengkonsumsi air rebusan atau teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Adapun manfaat daun jambu di antaranya yaitu:

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Khasiat ini dapat membantu mencegah diabetes. Dilansir dari laman Healthline, studi pada 19 orang mencatat, mengkonsumsi air rebusan atau teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efek ini bertahan selama dua jam setelah mengkonsumsi rebusan daun jambu biji. Sementara itu, penelitian lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan, minum air rebusan daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan hingga lebih dari 10 persen.
  2. Meredakan Nyeri Menstruasi
    Manfaat daun jambu biji lainnya, termasuk meredakan dismenore atau nyeri perut akibat menstruasi. Hal ini terbukti dalam studi pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri saat menstruasi. Penelitian itu menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari mengalami penurunan intensitas rasa nyeri. Bahkan, efek dari ekstrak daun jambu biji ini juga lebih dapat dirasakan daripada beberapa obat penghilang rasa nyeri.
  3. Mengobati Diare
    Di beberapa pengobatan tradisional, daun jambu biji terkenal akan khasiat untuk pengobatan antidiare. Manfaat daun jambu biji ini pun akhirnya dibuktikan oleh beberapa penelitian laboratorium. Misalnya seperti pada penelitian 2008, ekstrak daun tanaman ini dapat membantu mengurangi intensitas dan durasi diare. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa daun jambu biji bersifat antimikroba. Sifat ini akan membantu menetralkan mikroba berbahaya di usus yang menyebabkan diare.
  4. Efek Anti-Kanker
    Tingginya kadar antioksidan dalam daun jambu biji membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan sel tubuh terkena stres oksidatif, dan berakhir dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit berbahaya termasuk kanker. Untuk itu, salah satu manfaat daun jambu biji adalah sebagai zat anti-kanker atau pelawan kanker. Selain itu, menurut penelitian tabung reaksi, minyak daun jambu biji ternyata empat kali lebih efektif menghentikan pertumbuhan sel kanker daripada obat kanker tertentu. Meski hasil percobaan tabung tampak menjanjikan, bukan berarti daun jambu biji serta-merta dapat mengobati kanker pada manusia.
  5. Meningkatkan Imun Tubuh
    Kadar vitamin C yang rendah dapat berakibat pada peningkatan risiko infeksi dan penyakit. Sama seperti buahnya, daun jambu biji juga mengandung vitamin C. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Bukan hanya itu, vitamin C juga terbukti mengurangi durasi pilek, seperti menurut penelitian pada 2013. Kandungan ini turut pula bersifat antimikroba, yakni membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.
  6. Membunuh Bakteri penyebab Jerawat
    Antioksidan dalam daun jambu biji dapat memberikan keajaiban pada kulit, termasuk kulit wajah. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat memperlambat proses penuaan kulit atau keriput. Bahkan, manfaat daun jambu biji juga termasuk membantu mengobati jerawat jika dioleskan langsung ke kulit. Sebuah studi tabung reaksi menemukan, ekstrak daun jambu biji efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini kemungkinan karena sifat antimikroba dan anti inflamasinya. Namun, masih perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan peran daun jambu biji dalam menjaga kesehatan kulit.

Demikian artikel tentang khasiat dan manfaat jambu biji bagi kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat!

About nurse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *