Digital Marketing di Dalam Bisnis Kesehatan dan Keperawatan

Digital Marketing di Dalam Bisnis Kesehatan dan Keperawatan

(Ditulis oleh: MUCHAMMAD UBAIDI, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Digital marketing atau yang biasa juga disebut dengan internet marketing merupakan teknik pemasaran yang sedang ramai terjadi di segala platform di dunia digital. Yaitu merupakan proses memasarkan sebuah produk maupun jasa yang mengandalkan media digital atau internet. Teknik promosi secara online ini tidak hanya terbatas pada proses penjualan barang dan jasa saja, namun mencakup pula pada proses imaging atau branding pada produk barang maupun jasa dan membangun hubungan dengan target market. Walaupun teknik promosi konvensional atupun direct selling tetap memberi hasil efektif, namun tidak ada salahnya mencoba pemasaran secara digital. Sebab dengan melakukan pemasaran secara digital ini maka bisnis Anda akan memperoleh banyak manfaat. Diantara manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Tidak kita pungkiri bahwa jangkauan digital marketing lebih luas dijangkau oleh calon customer, dengan jangkauan yang lebih luas dapat memperluas target marketing yang akan kita jarring, dikarenakan saat ini penggunaan gadget di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya mengalami peningkatan. Hampir semua orang sudah memiliki gadget yang dapat digunakan untuk mengakses segala informasi, sehingga digital marketing bias diandalkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk barang dan jasa dalam dalam dunia kesehatan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia. Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022. Jumlah itu naik tipis 1,03% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 202,6 juta. Tren jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, saat ini jumlah pengguna internet nasional sudah melonjak sebesar 54,25%. Sementara itu tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% dari total penduduk pada awal 2022. Tercatat, total penduduk Indonesia berjumlah 277,7 juta orang pada Januari 2022. Dari jumlah tersebut kita dapat menjangkau jutaan calon klien dengan hanya melakukan promosi di depan layar komputer bahkan di Handphone .

  1. Penjualan lebih kompetitif

Di era digital perkembangan teknologi sangatlah cepat berubah, sehingga dalam dunia digital marketing juga harus melakukan keterbaruan informasi dan harus lebih fleksibel sehingga masih bisa terus bertahan eksistensinya. Dalam semua platform media social (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok) pun sudah mempunyai tambahan ditur ads yang merupakan sarana untuk beriklan bagi penggunanya. Untuk mesin pencari atau search engin yang familiar yaitu Google.com juga dapat kita optimasi dengan memasukan keyword dengan tepat atau yang biasa dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Bahkan para mastah dalam dunia digital marketing sering mengadakan kompetisi Digital Marketing sebagai bentuk perkembangan dan informasi dalam dunia digital marketing. 

  1. Hubungan Dengan Klien Lebih Dekat

Dengan menggunakan teknik digital marketing, maka akan mempermudah akses informasi kebutuhan produk barang dan jasa di bidang kesehatan, diantaranya adalah mempermudah informasi: Rute ke tempat pelayanan kesehatan, jadwal dokter atau terapis, pemesanan atau ketersediaan obat, ketersediaan pelayanan, dan akses informasi lain terkait kebutuhan klien terhadap pelayanan kesehatan.

  1. Teknik Pemasaran yang Murah dan Efektif

Dalam dunia kesehatan diperlukan akses informasi yang lengkap dan jelas, karena ketika calon klien berselancar di semua platform digital : Media social, Portal Berita, dan di media mesin pencari akan lebih mudah ditemukan dengan cara melakukan research kata kunci atau keyword terlebih dahulu, karena dalam dunia digital marketing kata kunci merupakan kunci dari segala kunci, karena calon klien tidak bisa menemukan artikel, postingan iklan, postingan media sosial dsb kalau tidak tepat kata kuncinya, ditambah lagi dengan User name, Title, Deskripsi, Tags yang menjadi pelengkap dalam melakukan promosi. Hanya dengan itu saja kita dapat menjangkau calon klien lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas. 

Maka digital marketing bisa dikatakan murah dan efektif apabila kita bandingkan dengan membuat Banner, spanduk, baliho yang  disebar dimana mana sebagai media promosi. Walaupun tidak kita pungkiri teknik promosi secara konvensional juga masih efektif dilakukan, dikarenakan tidak semua masyarakat dapat terhubung dengan dunia digital.

Dari beragam manfaat digital marketing diatas dapat kita aplikasikan dalam usaha praktik mandiri keperawatan ada banyak orang yang tahu tentang pelayanan keperawatan yang dapat kita berikan, contohnya: Home visit, Wound Care, Khitan, Bekam dan terapi komplementer lain yang dapat kita berikan kepada klien.

Diatas merupakan beberapa contoh manfaat dari digital marketing atau internet marketing sebagai media promosi dalam dunia kesehatan terkini, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari yang penulis paparkan di atas. Atas segala salah dan khilaf penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *